Powered By Blogger

Wednesday, June 27, 2018

Group WA

#wa #group #groupwa #wagroup #medsos #fesbuk #twitter #insta #IG #bacaal-qur'an #left


kredit: Katadata

Entah sudah berapa banyak waktu terbuang hanya dengan membaca postingan-postingan di group WA. Jikalah postingan itu bermanfaat dunia akhirat, tidak apa-apa, bagus, namun jika tidak, hanya obrolan ringan yang tidak jelas, buat apa? Ingatlah QS Al-Ashr.

Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.” (QS. Al ‘Ashr: 1-3).

Teman SD ajak masuk group, ayo. Teman SMP ajak masuk group, ayo. Teman SMA ajak masuk group, ayo. Teman kuliah ajak masuk group, ayo. Teman mahmud-mahmud di sekolahan anak, ajak masuk group, ayo. Group tempat kerja, ayo. Komunitas hobi masuk group, ayo. Klub politik, ayo. Komunitas bisnis, ayo. Group MLM, ayo. Komunitas keagamaan, ayo.

Setiap hari waktu habis hanya untuk membaca postingan-postingan tersebut. Belum lagi medsos macam fesbuk, insta, twitter, deelel. Semakin dibaca semakin ketagihan semakin habis waktu. Tiba-tiba waktu sudah menunjukkan pukul 10 malam. Lelah. Tidur. Besok, terulang lagi... lagi dan lagi.

Belum sadar... sampai terjadi konflik:

Group WA SD.
Obrolan mahmud-mahmud yang hilir mudik di jalur wa tentang anak-anaknya (padahal ada teman yang belum punya anak. Sebisanya direm untuk menghargai perasaan teman yang belum punya anak setelah bertahun-tahun menikah). Plus obrolan para eksekutif muda yang show off tentang jabatannya, "Iya, ini gue lagi sama anak buah gue mau meeting." Gubrak... segitu pentingnya kah memperlihatkan kekuasaan dan kejayaan hai mahluk bumi? Jadilah mahluk langit. Ga resep. Bikin eneg.
Left...

Group WA SMP.
Obrolan politik yang tidak berimbang. Ga jelas. Ga ada manfaat. Belum lagi menjatuhkan teman lain hanya karena posting sesuatu yang ternyata salah satu dari mereka sudah pernah terima. Dengan sinisnya bilang, "Udah tau gue. Udah dapet." Helloww... mau sudah pernah dapet kek, pernah liat kek, pernah posting juga kek di group lain, hargailah postingan orang lain. Kita ini hidup bersama-sama dan berdampingan.
Left!

Group kerja.
Isinya saling menyindir dan nyinyir, padahal 80% kaum macho.
Left!

Group MLM.
Walaupun sudah difatwakan MUI bahwa agen yang ituh halal, tapi menurut buanyak ulama, hal tsb adalah syubhat. Ngeri dong sama yang syubhat-syubhat. Dengan berat hati...
Left!

Group mahmud-mahmud di sekolahan anak.
Maklum, isinya 100% wanita, jadinya keblinger omongannya. Yang mau menang sendiri, yang egonya tinggi, yang pamer ini itu. Pppffhhh...
Left...

Hape ringan. Ga ada beban. Sampah-sampah sudah dibersihkan. Dan yang paling mengejutkan, akhirnya bisa baca Al-Qur'an! :)
Karena apa? Ya, karena waktu untuk baca WA sudah berkurang. Indahnya waktu yang bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya...


No comments: